6 Mei 2012

Pengertian uang,Motif memegang uang dan kebijakan Moneter

A PENGERTIAN UANG

Definisi uang
     Uang dalam ilmu ekonomi  tradisional merupakan sebagai alat tukar yg dapat diterima secara umum.sedangkan pada ilmu ekonomi modern pada zaman skrang uang merupakan alat wajib untuk pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta sebagai tolak ukur akan kekayan seseorang.

     Secara garis besar fungsi uang dapat di bagi menjadi 3 yaitu :
* uang sebagai alat tukar atau medium of exchange yg dapat mempermudah pertukaran.misalkan orang yg akan melakukan tidak perlu menukar dengan barang lagi,tetapi cukup dengan menggunakan uang sebagai alat tukarnya,sehingga tidak kesuliatan untuk mencari orang yg mau di ajak tukar/barter.
* uang sebagai  satuan hitung atau unit of account dikarenakan uang dapat menunjukan nlai berbagai macam barang dan jasa yg diperjualbelikan.serta dapat menunjukan status kekayaan seseorang.
* uang sebagai alat penyimpan nilai atau valuta karna dapat digunakan untuk mengalihkan daya beli dari  masa sekaran ke masa mendatang.

B MOTIF MEMEGGANG UANG

banyak sekali alasan-alasan orang untuk memegang uang dalam kegiatan sehari-hari,sehingga mereka mau untuk membawa,menyimpan,dan menggunakan uang.di bwah ini bebarapa motif seseorang memegang uang.:
1. untuk Transaksi
 dalam sehari-hari manusia membutuhkan uang untuk melakukan transaksi jual-beli barang atau jasa yg dia butuhkan di hari itu.
2. untuk kebutuhan sehari-hari
 misalkan para ibu-ibu memegang uang untuk membeli kebutuhan sehari-harinya seperti uang belanja,uang sekolah anak,dan kebutuhan rumah yg lain.
3. untuk berjaga-jaga
 untuk mengahadapi kebutuhab dalam kondisi yg mendadak.

C KEBIJAKSANAA MONETER
     
          Kebijakan moneter adalah suatu usaha dalam mengendalikan ekonomi makro agar dpt berjalan sesuai dengan yg diinginkan melaluio pengaturan jumlah uang yg beredar dalam perekonomian.
pengaturan Jumlah uang yg beredar pada masyarakat diatur dengan cara menambah atau mengurangi jumlah uang yg beredar.kebijakan moneter dapat di bedakan menjadi 2golongan yaitu :
1. kebijakan moneter ekspansif / monetary expansive police
  kebijakan dalam rangka menambah jumlah uang yg beredar
2. kebijakan moneter kontraktif / monetary expansive policy
  kebijakan dalam rangka mengurangi jumlah uang yg beredar di sebut jg kebijakan uang ketat (tight money policu)
kebijakan moneter dapat dilakukan dengan instrumen moneter ,anata lain yaitu :
1. Operasi Pasar Terbuka (open market operation)
  adlh cara mengendalikan uang yg beredar dgn menjual atau mebeli surat berharga pemerintah (goverment securities).
2. Fasilitas Diskonto
  adalah pengaturan jumlah uang yg beredar dengan memainkan tingkat bunga bank sentral pada bank
  umum.
3. Rasio Cadangan wajib ( reserve requirement Ratio)
    adalah mengatur jumlah uang beredar dengan menaikan jumlah dana cadangan perbankan yg harus disimpan dapa pemerintah.untuk menambahkan jumlah uang pemerintah harus menurunkan rasio cadangan wajib.
4. Himbauan Moral (Moral Persuasion)
    adalah kebijakan moneter utuk mengatur jumlah uang yg beredar dengan jalan memberi himbauan kepada pelaku ekonomi.contoh seperti himbauan perbankan pemberi kredit untuk berhati-hati dalam mengeluarkan kredit untuk mengurangi jumlah uang beredar.

1 komentar:

  1. Playtech's newest slot machines will not work - DRMCD
    The chips 김해 출장안마 will not be delivered at all. You will have to pay the dealer a minimum of $10. It's up to you to 시흥 출장샵 decide if 구미 출장마사지 you 부산광역 출장마사지 think they will be able to play 의정부 출장마사지 at

    BalasHapus